Jumat, 21 Agustus 2020

Aplikasi

 Pengertian Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau program yang diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu pada perangkat komputer, laptop ataupun smartphone.

Aplikasi berasal dari bahasa Inggris Application yang artinya penerapan atau penggunaan. Secara teknis back-end aplikasi dibuat oleh para programmer atau developer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Setelah selesai, front-end aplikasi dapat digunakan oleh para user dengan menginstalnya pada perangkat elektronik agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengolah dokumen, komunikasi, desain grafis, manajemen perangkat keras, bermain game dan lain sebagainya.

Aplikasi sendiri terbagi menajdi 3 jenis, yakni, Aplikasi dekstop (1) yang dijalankan pada komputer atau pc. Aplikasi web (2) yang dijalankan menggunakan komputer dengan koneksi internet dan Aplikasi mobile (3) yang dapat dijalankan di perangkat mobile.

 

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Sri Widianti, Pengertian Aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat sebagai front end sebuah sistem yang dipakai untuk mengelola data sehingga menjadi suatu informasi yang berguna bagi pengguna.
  • Menurut Rachmad Hamim, Pengertian aplikasi adalah sebuah software yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, hiburan dan lain sebagainya.,
  • Menurut Hengky Pratama adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan.

 

Kesimpulan

Pengertian Aplikasi adalah perangkat lunak yang diciptakan dan dikembangkan untuk tujuan tertentu pada perangkat komputer, laptop dan smartphone.

Fungsi Aplikasi

Apa sebetulnya fungsi aplikasi? Di era modern, aplikasi memberikan banyak manfaat baik bagi pembuat maupun pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi dari aplikasi:

1. Untuk Mempermudah Pekerjaan

Dengan aplikasi, maka pekerjaan Anda pun lebih mudah. Anda hanya tinggal mencari nama aplikasi atau fungsi dari suatu aplikasi di Play Store dan App Store.

Misalnya, Anda ingin menyunting foto agar memiliki latar bokeh. Anda bisa mencari aplikasi bokeh di Play Store dan App Store, kemudian tinggal unduh dan biarkan aplikasi mengerjakan apa yang Anda inginkan. Mudah bukan?.

2. Sebagai Media Hiburan

Aplikasi, selain dapat membantu pekerjaan Anda, juga bisa lho menjadi sarana hiburan. Aplikasi yang bisa menjadi hiburan contohnya seperti aplikasi gim, aplikasi musik, dan sebagainya.

Dengan kehadiran aplikasi sebagai media hiburan, kamu tidak akan bosan di manapun kamu berada. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila saat ini, ada banyak orang yang tidak pernah merasa bosan pada saat menunggu.

3. Untuk Mendapat Pembaharuan Kabar

Melalui aplikasi, Anda juga bisa mendapatkan kabar-kabar terkini. Apa saja? Misalnya, aplikasi baca berita atau podcast. Maka dari itu, dengan mengunduh aplikasi-aplikasi ini, Anda tidak akan mengalami ketertinggalan.

Anda bahkan bisa menyalakan notifikasi supaya tidak ketinggalan berita-berita terbaru di ponsel. Jadi, Anda tetap bisa update perkembangan berita di manapun Anda berada.

4. Untuk Media Pertemanan atau Komunikasi

Aplikasi juga mampu mendekatkan jarak di antara kita, lho. Contohnya seperti Whatsapp, Line, dan sebagainya. Dengan adanya aplikasi, Anda bahkan bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang letaknya jauh.

Anda juga tidak perlu lagi kebingungan mencari tahu kabar seseorang. Dunia kini seolah semakin dekat saja dengan adanya aplikasi-aplikasi menarik di ponsel pintar.

5. Mempermudah Kehidupan

Harus diakui bahwa keberadaan berbagai aplikasi sangat mempermudah kehidupan kita semua bukan? Misalnya, aplikasi yang bisa membantu kita melihat peta, memesan makanan, memesan tiket, dan sebagainya.

Segala hal seolah kini ada dalam genggaman, dan kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan berbagai macam hal di sana.

Sumber :

 https://salamadian.com/pengertian-aplikasi/


Cara Menampilkan Gambar Photo ke Dalam Lembar Kerja Excel Tanpa Macro VBA



Oke, tujuan utama dari tutorial ini adalah untuk menampilkan gambar atau photo ke dalam lembar kerja Excel yang umumnya bisa digunakan untuk membuat kartu nama, kartu peserta, atau keperluan lain yang memerlukan identitas berupa gambar di dalamnya, sehingga bisa memperjelas isi informasi dari data kartu tersebut.

Dari judul yang saya usung kali ini memang bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan kode Macro VBA sama sekali, akan tetapi membutuhkan sebuah objek (baca control) yang biasanya digunakan dalam Macro VBA. Hanya saja objek ini tidak akan diberikan kode apapun melainkan sebuah media yang digunakan untuk menempatkan gambar.

Sebelum melangkah lebih lanjut lagi, saya akan menjelaskan beberapa kekurangan dari hasil yang didapatkan dari tutorial ini
  1. Ukuran dokumen file excel bisa sangat besar. Hal ini tergantung dari berapa banyaknya gambar serta ukuran gambar (resolusi) yang diletakkan dalam lembar kerja excel
  2. Dimensi gambar yang dihasilkan akan dipengaruhi oleh ukuran lebar kolom serta tinggi baris (baca : sel) yang berisi gambar tersebut diletakkan
  3. Sangat sulit mengontrol data dalam jumlah yang cukup banyak
  4. Setidaknya membutuhkan 2 lembar kerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Setidaknya itulah beberapa kekurangan dari teknik menampilkan gambar atau foto dalam lembar kerja tanpa menggunakan Macro VBA ini. Meskipun demikian, cara ini cukup banyak dipakai oleh pengguna Excel dikarenakan sedikitnya penulisan kode atau formula yang ditulis. Serta cukup efektif bagi mereka yang awam dengan Macro VBA.
Barangkali itulah kalimat pembuka sebelum memulai tutorial kali ini.

Sebelumnya saya juga mengingatkan bahwa tutorial ini akan sedikit panjang, sehingga potensi keberhasilan dari tutorial ini tergantung dari kejelian anda dalam mengikuti tulisan atau langkah-langkah yang saya tulis berikut ini.

  1. Aktifkan tab Developer Microsoft Excel anda
    Karena saat ini saya menggunakan Office 2007, maka langkahnya adalah dengan mengklik tombol Office Button (tombol lingkaran disebelah pojok kiri atas) kemudian klik menu Excel Option. Pada tab Popular, pastikan "Show Developer tab" dalam posisi tercentang. kemudian akhiri dengan tombol OK untuk menutup jendela Excel Options
    developer tab excel
  2. Mulailah mendesain data anda dengan contoh format seperti gambar berikut, dan untuk contoh ini letakkan di Sheet1
    format data
  3. Tambahkan gambar yang anda miliki di komputer yang bisa anda lakukan dengan menekan menu Insert kemudian pilih menu Picture, kemudian letakkan di lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan, dan jangan lupa untuk mengatur dimensi ukuran gambar sesuai dengan selera
    insert picture
  4. Pastikan setiap gambar berada dalam satu sel (lihat gambar di atas), dan ini hukumnya WAJIB. Lihat point ke-2
  5. Sekarang beralihlah ke lembar kerja atau Sheet2
  6. Pilih tab atau Menu Developer, kemudian klik menu Insert, pada bagian ActiveX Control temukan objek Image dan mulailah menggambar di lembar kerja Excel
    insert image-controlX
  7. Setelah selesai menggambar objek Image dan objek Image dalam posisi terpilih, ketikkan nilai =GBR di formula bar. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa objek ini ada kaitannya dengan nilai GBR
    memberi nama ControlX-Image
  8. Masih di Sheet2, klik sel D1 (atau silahkan pilih sel lain yang sesuai dengan selera) kemudian aktifkan menu Formulas dan klik menu Name Manager.
    Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengatur isi sel D1 agar dapat melihat data-data yang ditetapkan dalam sebuah Nama (defined names)
    name manager
  9. Pada jendela Name Manager, klik tombol New untuk membuat nama baru kemudian lanjutkan dengan menulis sebuah nama di kotak yang disediakan.
    dan nama yang HARUS anda tulis untuk tutorial ini adalah GBR
    name manager baru
  10. Langkah selanjutnya adalah menentukan nilai GBR di kotak Refers to : dengan syntax penulisan seperti berikut
    =INDEX(Range yang berisi gambar;MATCH(sel D1;range yang berisi nomor urut))
    jadi jika diterjemahkan untuk tutorial ini maka formula yang harus ditulis seperti berikut
    FORMULA NAME MANAGER
    =INDEX(Sheet1!$E$2:$E$5;MATCH(Sheet2!$D$1;Sheet1!$A$2:$A$5))
    Tutorial lain yang membahas tentang kombinasi antara formula Match dan Index dapat anda pelajari di sini
  11. Selesai...
Jika anda mengikuti dan tidak melewatkan langkah-langkah di atas, maka hasil yang anda dapatkan akan kurang lebih seperti tampilan berikut :
insert image
Catatan:

Dari tampilan di atas, saya sengaja mengatur salah satu gambar yang ada di Sheet1 tidak berada dalam 1 sel untuk melihat perbedaannya, dan sesuai dengan Point yang saya jelaskan di atas.

Sumber  :

http://www.excelive.com/2018/06/cara-menampilkan-gambar-photo-ke-dalam.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serba - Serbi

  Disinilah kami semua mencapai keberhasilan bersama-sama yang dimulai dari rasa keinginan yang besar untuk mewujudkan cita-cita yang sama M...